Webinar Nasional Penguatan Aswaja An – Nahdiyah di Perguruan Tinggi “Untuk Menangkal Radikalisme dan Menjaga Identitas Keindonesiaan”

Webinar Nasional Penguatan Aswaja An – Nahdiyah di Perguruan Tinggi “Untuk Menangkal Radikalisme dan Menjaga Identitas Keindonesiaan”

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Studi Aswaja Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara menggelar webinar Nasional , Kamis (13/8/20). Dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi ZOOM dan disiarkan langsung di Youtube UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara Channel.


Webinar Nasional ini menghadirkan KH. As'ad Said Ali (Wakil Kepala BIN 2001 - 2010, Wakil Ketua PBNU 2010 - 2015) dan KH. Abdul Mun'im DZ (Pakar Peneliti Aswaja an - Nahdliyah) sebagai Narasumber Webinar Nasional UPT Pusat Studi Aswaja yang bertemakan "Penguatan Aswaja an - Nahdliyah di Perguruan Tinggi : untuk menangkal Radikalisme dan menjaga identitas keindonesiaan".


Rektor UNISNU Jepara, Dr. H. Sa'dullah Assa'idi, M.Ag,  sebagai Keynote Speaker memberikan materi awal pada acara Webinar Nasional Aswaja dan Radikalisme, beliau menyampaikan "Aswaja (an-Nahdliyah) itu sebagai penangkal radikalisme di Perguruan Tinggi  ini sangat tepat ketika itu diterjemahkan kedalam falsafah negara yaitu Pancasila, ditemukan disitu  prinsip toleransi, ketuhanan, demokrasi (Musyawarah) dan lain sebagainya. Prinsip - prinsip yang demikian itu dapat diterapkan di Perguruan Tinggi maupun kelembagaan Negara apapun. Ini tergantung bagaimana ajaran itu (Aswaja an - Nahdliyah) akan diterapkan dan ditafsirkan. beliau menambahkan "Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) bukan sebuah doktrin yang sifatnya itu dibuat buat, akan tetapi Ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) adalah sebuah warisan yang bersifat  turun temurun  (dari masa Nabi Muhammad SAW, Sahabat, Tabi'in, dan sampai kepada para ulama)".


Webinar Nasional Aswaja dan Radikalisme bertujuan umtuk Meningkatkan pemahaman Aswaja an – Nahdiyah di Perguruan tinggi  yang nantinya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari – hari, termasuk dalam lembaga pendidikan Formal, Meningkatkan pemahaman ideologi Aswaja an – Nahdiyah sebagai penangkal faham Radikalisme dalam menjaga identitas keindonesiaan, Meningkatkan pemahaman akan bahayanya faham radikalisme, dan Meningkatkan pemahaman tentang ciri – ciri  Radikalisme.


Pelaksanaan acara Webinar Nasional Aswaja dan Radikalisme dilaksanakan di ruang laboratorium komputer Fakultas Sains dan Teknologi (SAINTEK) UNISNU Jepara, dimulai pukul 08.000 - 11.00 diikuti oleh Civitas Akademika UNISNU Jepara, akademisi , dan masyarakat umum.



Admin Aswaja

Komentar