UPT Pusat Studi Aswaja Unisnu Jepara Lakukan Penelitian “Tipologi Pesantren (Ma’had) Mahasiswa di Jawa”

UPT Pusat Studi Aswaja Unisnu Jepara Lakukan Penelitian “Tipologi Pesantren (Ma’had) Mahasiswa di Jawa”

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Studi Aswaja Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara melaui Tim Pengkajian UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara berkunjung dan bersilaturahmi di beberapa Pesantren Mahasiswa di Jawa Tengah. Kunjungan dan silaturahmi bertempat di Pesantren Mahasiswa al – Anwar 3 Sarang Rembang (11/02/21), Pesantren Mahasiswa Sultan Agung (PESANMASA) Semarang (03/03/21), dan Pesantren Mahasiswa Darul Falah Be-Songo Semarang (03/03/21).


Kegiatan kunjungan dan silaturahmi dalam rangka kegiatan penelitian oleh Tim Pengkaji UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara dengan judul “Tipologi Pesantren (Ma’had) Mahasiswa di Jawa” yang beranggotakan Fathur Rohman., S.Pd.I., M.Pd.I. (Ketua Peneliti), Azzah Nor Laila., S.Th.I., M.S.I.  (Anggota Peneliti), Ahmad Saefudin., S.Pd.I., M.Pd.I. (Anggota Peneliti), Syamsul Ma'arif., S.H.I, M.S.I (Anggota Peneliti).


Ir. Adi Sucipto, M.Kom. sebagai Ka. UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara menyampaikan “Pesantren di lingkungan perguruan tinggi menjadi salah satu tawaran untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi. Baik kualitas secara akademik, maupun kualitas akhlak lulusan perguruan tinggi. Sehingga beberapa perguruan tinggi menerapkan sistem pesantren, dengan beberapa kebijakan yang beragam. Ada sebagian perguruan tinggi yang mewajibkan semua mahasiswa tinggal di pesantren kampus, ada pula sebagian perguruan tinggi hanya menyediakan pesantren sebagai pilihan tempat mukim para mahasiswa”. Beliau juga menambahkan “Tujuan penelitian ini secara umum adalah Menemukan tipologi pesantren (ma’had) mahasiswa di wilayah Jawa sebagai bahan rujukan untuk pengembangan ma’had di UNISNU Jepara


Pondok pesantren Mahasiswa Unisnu Jepara diberi nama Ats-Suroyya. Nama ini merupakan pemberian Maulana Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya. Ats-Tsuroyya berarti gugusan bintang Pleades dalam bahasa Arab. Pleades atau yang juga umum disebut Seven Sister atau Tujuh Bersaudari diperkirakan muncul pada awal bulan Juni 2020 pada pagi hari.. Secara kelembagaan, ponpes ini menjadi bagian dari salah satu unit usaha Yaptinu untuk memperkuat capaian Tri Dharma  Unisnu, khususnya bidang akademik.


Pondok pesantren Mahasiswa Unisnu Jepara Ats-Suroyya ini merupakan sarana pelengkap bagi Unisnu untuk melahirkan generasi yang tidak hanya cendekia, tapi juga berakhlakul Karimah dan berfaham Aswaja Annahdliyah, universitas kader NU masa depan



Admin Aswaja

Komentar