Gambaran Umum UPT Pusat Studi Aswaja

Gambaran Umum UPT Pusat Studi Aswaja

Gambaran Umum UPT  Pusat Studi Aswaja

UPT Pusat Studi Aswaja adalah lembaga dalam Universitas Islam Nahdlatul Ulama yang memiliki fungsi untuk membentuk citra institusi yang menunjukkan kepeloporan dan keunggulan. Lembaga ini dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor nomor 94A/SK/UNISNU/X/2017. Lembaga ini berkantor  di gedung  rektorat  lantai  1  Universitas  Islam  Nahdlatul  Ulama Jepara. Saat ini UPT ini dijalankan oleh seorang Kepala UPT yang dibantu oleh Satu orang staf.


Tugas pokok dari UPT Pusat Studi Aswaja secara lebih detail adalah sebagai berikut: (a) Memfasilitasi Yaptinu, Dosen, Karyawan UNISNU dan Mahasiswa dalam pembumian Aswaja an-Nahdliyyah di UNISNU Jepara, (b) Menumbuhkan peningkatan kesadaran akademisi NU terhadap eksistensi organisasi NU, (c) Media komunikasi dan interaksi antara akademisi NU dengan stakeholders internal NU (Pengurus NU dalam semua tingkatan beserta Banom dan Lembaga), (d) Meningkatkan pemahaman akademisi NU secara kaffah terhadap historisitas Aswaja An-Nahdhiyyah sehingga tergerak untuk berkhidmah secara total terhadap NU,  (e)  Memperkuat sanad keilmuan Aswaja-NU bagi kaum akademisi NU,  (f)  Peneguhan eksistensi Pusat Studi Aswaja NU UNISNU Jepara. 


UPT Pusat Studi Aswaja UNISNU Jepara pada masa awal berdirinya berupaya untuk membentuk jaringan-jaringan kerjasama yang diwujudkan melalui kerjasama kelembagaan baik lembaga Formal maupun Non Formal seperti kerjasama kelembagaan ke UNHASY Jombang, UNISMA Malang, dan Pondok Pesantren AMANATUL UMMAH Pacet Mojokerto, IAIN Tulungagung Jawa Timur. Kerjasama Kelembagaan bertujuan untuk menggali informasi dan Sharing terkait dengan Strategi, Metode, dan Penerapan Nilai – nilai Aswaja di lingkungan kehidupan kampus / lingkungan kehidupan belajar.  penandatanganan MoU UNISNU Jepara dengan UNHASY Jombang ditandatangani oleh Wakil Rektor 1 UNHASY dan Wakil Rektor 1 UNISNU Jepara . Setelah jaringan tersebut terbentuk, maka kegiatan akan diarahkan pada realisasi kerjasama seperti misalnya Pelaksanaan BTQ di Fakultas Sains dan Teknologi UNISNU Jepara.


Pengelola UPT Pusat Studi Aswaja : 

Ketua : Ir. Adi Sucipto, M. Kom.

 Staf : Miftakhul Faizin, S.Sy.


Admin Aswaja

Komentar